PELATIHAN HI

PELATIHAN HI
(Heart Intelligence Training)
MEMBANGUN KECERDASAN HATI
“Mensinergikan Kecerdasan Intelektual Emosi dan Spiritual”
(HI = IQ + EI + SI)

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan dengan makhluk yang lain, karena manusia diberi oleh Allah akal. Di sisi yang lain perbuatan baik dan buruk manusia itu sangat tergantung pada hatinya. Menurut Imam Al-Ghozali hati dibedakan menjadi 2, hati yang kasar (fisik)* yang berupa liver/hepar, sedangkan hati yang halus (non fisik) disebut dengan akal. Sehingga dapat difahami bahwa akal adalah hati yang halus.
Orang yang berakal (Ulil Albab) adalah orang yang berdzikir, berfikir, dan ikhtiyar, sehingga akal dapat terdiri dari 3 bagian penting yaitu Iman, Rasio, dan Rasa. Secara pemahaman Iman melahirkan SI (Spiritual Intelligence) yaitu kecerdasan spiritual, sedang Rasio melahirkan IQ (Intelligence Quotient) yaitu ukuran kecerdasan intelektual, dan Rasa melahirkan EI (Emotional Intelligence) yaitu kecerdasan emosi.
      Seorang dalam posisi apapun (hamba, pegawai, pejabat, orang tua, ataupun anak) yang baik adalah yang cerdas hatinya (Akal) yaitu mensinergikan ketiga potensi fitrah manusia: antara Rasio (IQ) sehingga cerdas (kerja cerdas) dan melahirkan orang simpatik (berkepribadian menarik) kepadanya, Rasa (EI) sehingga terampil (kerja mawas) dan melahirkan sikap empati bermanfaat bagi orang lain, dan Iman (SI) sehingga taqwa (kerja Ikhlas) dan melahirkan telepati ta’at kepada Allah.
Namun pada kenyataannya potensi fitrah yang dimiliki manusia (Hati/akal) kurang dikelola dan kurang dimaksimalkan penggunaannya sehingga muncul karakter kurang baik, banyak terjadi penyimpangan dalam beribadah, bekerja, berkeluarga, pendidikan, maupun bermasyarakat, antara lain: kurang rajin beribadah/belajar, etos kerja jelek (kurang disiplin, kurang jujur, kurang tanggungjawab, dll) kurang fokus/konsentrasi/khusyu’ bahkan suka marah, gelisah, mengeluh dan sering cekcok.
8-Point Star: 1Untuk itu diperlukan upaya menumbuhkan karakter yang mulia untuk mengatasi penyimpangan tersebut di atas, dengan suatu pengkondisian menggunakan suatu model pelatihan dengan dukungan multimedia yang bernama: Pelatihan HI(Heart Intelligence Training)  Membangun Kecerdasan Hati Mensinergikan Kecerdasan Intelektual, Emosi, dan Spiritual. Harapan dengan Pelatihan HI ini dapat dijadikan stimulan untuk mendukung terbangunnya karakter yang mulia sehingga terbentuk manusia unggul  seutuhnya (Ulil Albab) terpadu antara IQ, EI, dan SI dengan kata lain HI = IQ+EI+SI.

Comments :

0 comments to “PELATIHAN HI”

Posting Komentar