SEKMENTASI

SEKMENTASI

PELATIHAN HI
(Heart Intelligence Training)
MEMBANGUN KECERDASAN HATI
“Mensinergikan Kecerdasan Intelektual Emosi dan Spiritual”
(HI = IQ + EI + SI)


TUJUAN PELATIHAN HI
Pelatihan HI ini dimaksudkan untuk merangsang perpaduan kecerdasan otak kiri dan otak kanan (IQ) dengan menanamkan kematangan kecerdasan emosi (EI) serta menguatkan kepekaan kecerdasan spiritual (SI) agar membentuk peserta pelatihan yang dapat mengenali jati dirinya, mengelola hatinya, dan membangun karakter yang mulia dalam kehidupan.
Pelatihan HI ini berbasis pada setuhan hati untuk menghasilkan perubahan jiwa dan dimaksudkan untuk mensinergikan tuntutan realitas duniawi (IQ maupun EI) dengan menguatkan spiritual diri (SI), sehingga terjadi perpaduan yang utuh (HI=IQ+EI+SI) untuk membentuk manusia yang unggul (Ulil Albab).

Pada pelatihan membangun Kecerdasan Hati (Pelatihan HI) ini terdapat beberapa penekanan sekmentasi peserta, antara lain:

Anak Remaja
Training HI pada remaja (usia SMP dan SMA), ditekankan untuk memandu proses pencarian jati diri anak, memahami kehidupan, dan membangun kesadaran akan tugas sebagai anak, siswa, dan teman. Pencapaian perubahan yang terjadi diharapkan peserta akan memiliki kecerdasan hati sehingga selalu termotivasi untuk belajar, berbakti pada orang tua, berbakti pada bapak ibu guru, beribadah pada sang pencipta, dan empati di dalam bergaul dan berorganisasi, yang semuanya menjadikan dirinya selalu rajin dan ikhlas beribadah kepada Allah.

Pemuda dan Mahasiswa
Usia muda adalah usia yang sangat menantang dan rentan dengan godaan (masih labil), disatu sisi bukan lagi anak-anak dan disisi lain belum mandiri. Sehingga HI pada pemuda/mahasiswa ditekankan pada upaya membangun kemandirian diri dalam menentukan arah hidupnya dalam persiapan menjadi professional, berkeluarga, dan bermasyarakat dengan selalu berempati terhadap pesan orang tua agar menjaga kehormatan diri, menjaga martabat keluarga dan menjaga citra positif sebagai hamba Allah.

Orang tua
Pelatihan HI untuk orang tua di tekankan pada penguatan kembali kesadaran membangun hubungan yang harmonis antara suami dengan istri dan sebaliknya. Serta mengokohkan peran dan tanggung jawab orang tua (suami dan istri) dalam membina rumah tangga yang sakinah sehingga tercipta suasana harmonis dalam keluarga yang saling berempati dan menjadikan rumahnya sebagai “surga” dan tempat pendidikan yang menentramkan bagi anak-anaknya.
Disamping itu, dengan Pelatihan HI ini diharapkan dapat menguatkan kembali hubungan kemasyarakatan yang ramah antara rumah tangga yang dibangun dengan tetangga sekitarnya.

Pekerja/Pegawai
HI yang dilaksanakan untuk pekerja/pegawai di titik beratkan pada kesadaran dalam membangun etos kerja yang produktif, sehingga tercipta iklim kerja yang harmonis, penuh semangat, dan mampu melahirkan komitmen, loyalitas dalam bekerja sehingga terwujud pribadi pekerja yang saling menghargai antar pekerja/pegawai apapun statusnya dengan mengembangkan sikap yang jujur, adil, bijaksana, dan tanggung jawab.

Berbekal keterpaduan HI itu manusia akan mampu memaknai kehidupan sehari-hari (termasuk ketika dalam berkeluarga, bermasyarakat, bernegara, bekerja, dan pengabdiannya) dengan benar, sehingga masing-masing individu dapat merasakan dan menjalani kehidupannya dengan damai, menyenangkan, dan tidak membosankan. Pada gilirannya akan mengantarkan manuisa mencapai kesuksesan dunia dan akhirat dengan berbekal hati nurani yang merupakan fitrah manusia.
Pelatihan HI ini diperlukan sebagai salah satu upaya dalam rangka peningkatan kualitas kerja manusia terkait dengan keinginan bersama untuk menciptakan sistem pelayanan dan etos kerja yang berkualitas dan diridhoi Allah.

Comments :

0 comments to “SEKMENTASI”

Posting Komentar