MATERI

MATERI PELATIHAN HI:

Keseluruhan materi HI terdiri dari 15 materi yang dapat disajikan dalam waktu 2 sampai 3 hari. Setiap materi memerlukan waktu antara 60-120 menit. Sebagai gambaran dari keseluruhan materi tersebut, sebagai berikut :

1. Jati Diri, yaitu tahapan dimana peserta pelatihan berproses mencari identitas dirinya hingga mengetahui siapa dirinya, siapa penciptanya, dan untuk apa dia beraktifitas. Dengan demikian, para peserta mampu mengintropeksi diri dalam rangka mengenali hati nuraninya, mensucikan jiwa dari penyimpangan yang ada sehingga dapat mempersembahkan yang terbaik. Proses ini meliputi pula pengenalan keberadaan Tuhan melalui kreasi-Nya yang menghiasi alam semesta, dimana manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari alam tersebut.

2. Manajemen Hati, yaitu tahapan ketika peserta pelatihan diajak untuk menguatkan hati nurani yang secara fitrah dan universal telah ada pada setiap diri manusia. Hati nurani inilah yang sebenarnya merupakan sumber utama kecerdasan Intelektual, emosi dan spiritual. Upaya untuk menguatkan dan memanaj/mengelola hati nurani ini bertujuan memunculkan kemauan dan kemampuan (sesuai keyakinan 6 rukun Iman) untuk melahirkan: Kecintaan, Loyalitas, Keta’atan, Keteladanan, Komitmen, dan Kemuliaan.

3. Membangun Karakter, yaitu tahapan ketika peserta pelatihan diajak untuk membangun keutuhan pribadi (sesuai semangat 5 rukun Islam) yang menyeimbangkan antara kesholehan pribadi yang dilakukan dengan afiliasi, integritas, dan pengendalian diri, dengan kesholehan sosial yang diwujudkan dengan melakukan partisipasi secara aktif dan mengoptimalkan peran sesuai kehaliannya, sehingga terbentuk Keutuhan tim berdasar kesamaan hati nurani yang telah terkuatkan sebelumnya.

Berikut tema-tema materi Pelatihan (HI) yang kami siapkan:

Paket Pertama : Jati Diri
1. Hakikat Manusia
2. Simpul Permasalahan Umat
3. Mengenal Sang Pencipta
4. Penyucian Jiwa

Paket Kedua: Manajemen Hati
5. Kecintaan
6. Loyalitas
7. Keta’atan
8. Keteladanan
9. Komitmen
10. Kemuliaan

Paket Ketiga: Membangun Karakter
11. Afiliasi
12. Integritas
13. Pengendalian Diri
14. Partisipasi
15. Optimalisasi

Comments :

0 comments to “MATERI ”

Posting Komentar